Selasa, 27 Maret 2012

Opss, Misteri angka 13?

Oke siapa aja pasti pernah denger 'katanya' angka 13 angka kesialan. 

Sebagai contoh kecil, di berbagai gedung tinggi di China, tidak ada yang namanya lantai 13 dan 14. Menurut kepercayaan mereka, kedua angka tersebut tidak membawa hoki. Di Barat, angka 13 juga dianggap angka sial. Demikian pula di berbagai belahan dunia lainnya. Kalau kita perhatikan nomor-nomor di dalam lift gedung-gedung tinggi dunia, tidak akan dijumpai lantaia



Atau dari angka 12 maka 12a dulu baru 14. Fenomena ini terdapat di banyak negara dunia, termasuk Indonesia. Buktinya gak adanya hotel dengan kamar 13 atau bangunan pencakar langit dengan lantai 13. Biasanya sehabis lantai 12 langsung deh ke lantai 14 atau malah terkadang dari lantai 12 lalu 12a lalu 14. Bahkan temen satu kelas gue yang punya absen 13 selalu ketiban sial coba, nyontek ketahuan dan banyaklah sialnya. Tapi, Oke jujur aja yang gue tulis itu juga baru 'katanya'.
mau dibilang percaya? *percaya kagak ya?

Mengapa angka 13 dianggap angka yang membawa kekurang-beruntungan? Sebenarnya, kepecayaan tahayul dan aneka mitos yang ada berasal dari pengetahuan kuno bernama Kabbalah. Kabalah merupakan sebuah ajaran mistis kuno, yang telah dirapalkan oleh Dewan Penyihir tertinggi rezim Firaun yang kemudian diteruskan oleh para penyihir, pesulap, peramal, paranormal, anaknya penyihir, anaknya pesulap, cicitnya penyihir dan sebagainya. Ya secara harafiah *ciee gue pinter, zz norak, Kabbalah ( Qabala ) bermakna tradisi lisan. Kata Kabbala diambil dari bahasa Ibrani: qibil yang bermakna menerima atau tradisi warisan. Dengan demikian ajaran Kabbalah mempunyai arti menerima doktrin ilmu sihir ( okultisme ) yang hanya diketahui oleh segelintir orang. Jadi secara nalar goblok gue : itu tradisi lisan, yang jadi sugesti di otak kita jadinya ya bisa dibilang kita juga jadi kebawa kata-kata bahwa 'ya, emang 13 bikin sial!'.

Di Amerika latin selasa tanggal 13 adalah hari sial, di Eropa hari sial Jumat tingal 13, yang gue gak ngerti di Italy hari sial itu selasa tanggal 17, bukan 17 tapi 13? ada lagi pembunuh sadis memiliki nama yang terdiri dari 13 abjad lihat saja: Jack the Rippe, Charles Manson, Theodore Bundy dan Albert De Salvo.


Tapi bagi gue sial gak sial itu soal sugesti pada diri sendiri, andai gue terlanjur bilang "sial amat hari ini", pasti deh rasanya emang bakal tu ngerasa sial -,-

jadi mendingan selalu deh kasih sugesti positif buat diri sendiri, *walau gue gak ngerti apa itu sugesti



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger