Kamis, 30 April 2015

Jokowi bukan pilihan saya juga!

Tak ada yang baik dari sesosok Jokowi. Semaunya aja naikin BBM, presiden boneka, Asal tanda tangan nggak dibaca, asal omong soal hutang, Terakhir, soal hukuman mati narapidana, yang dari Filipina diundur yang dari Indonesia tidak nggak. Ntar jangan-jangan yang Filipina dibebasin nih? Pro rakyat sendiri atau orang Asing pak?

Barusan diatas itu bukan pemikiran saya, emang media gitu kan? Alih-alih kasus terakhir deh, beritanya dibuat seolah Jokowi tidak peduli dengan rakyat nya sendiri dibanding rakyat Filipina. Kasusnya iya sama penyelendupan narkoba, tapi lihat lebih dalam lah permasalahan ini. Langsung judge Jokowi pro asing, duh... ini apa coba? krisis kepercayaan atau sekedar sakit hati?

balik dulu deh ke beberapa bulan lalu soal pemilihan umum 2014,

Pertama, saya adalah golongan putih yang datang kebilik untuk mencoblos kedua calon presiden beberapa bulan lalu. Sederhana saja, saya tidak suka dengan mereka semua. track record mereka saya rasa pribadi aneh-aneh.


Calon pertama, Prabowo? dulu kasus diberhentikan secara hormat, membunuh menculik, kejam banget. ini media, apa emang begini? lalu pro sama megawati, jadi cawapres Megawati di 2009. Yang artinya mereka pernah satu buah pikir. Simpatisan yang kelewatan suka banget gembor-gemborkan slogan "menolak lupa" (kasus-kasus Megawati waktu presiden). Lupa juga nih kalau Prabowo pernah jadi cawapres Megawati? Jangan bawa-bawa itu dulu itu sekarang deh, jangan bawa-bawa orang bisa berubah, orang bisa sadar deh. Kejam kalau bilang begitu, kalian inget kesalahan Megawati dan berharap bukan Megawati atau oknum Megawati yang mimpin di pemilu tahun ini, Tapi dilain hal lupa kesalahan sendiri (jadi cawapres beliau, jadi bulan-bulanan urusan rusuh 98, jadi bulan-bulanan urusan keluarga). Jangan bilang kesalahan nyangkut orang banyak atau orang sedikit deh, pecundang yang udah salah masih ungkit-ungkit kesalahan orang lain yang lebih terlihat besar.


Calon kedua, Jokowi? belum apa apa nyalon gubernur, belum apa apa nyalon presiden. memang benar kalau dia lebih bermanfaat untuk orang yang cakupannya lebih luas kenapa tidak? toh ibaratnya kalau kemarin yang senang cuma Solo sekarang Jakarta ikut senang, sekarang Indonesia ikut senang. Sesama itukah permasalahan dan kemauan orang se-Solo, se-Jakarta dengan se-Indonesia? Di samping itu beliau kayakya terlalu ngikut sama partai. Nggak tahu ini gara-gara media atau emang begini? Muncul pertama beliau akibat mobil Esemka buat jadi mobil dinas seingetku di media. nah sekarang nasib Esemka gimana? cuma jadi bahan pencitraan kan? nggak usah bilang Indonesia lebih butuh dibanding Solo, Indonesia memanggil. Indonesia butuh orang yang kerja jelas, blusukan ini itu. Hello, Indonesia luas bung, yakin amat beliau mampu. Yakin banget? nggak usah naif deh, toh yakinmu cuma firasat. Mana bisa jadi acuan.


Udah, saya putuskan coblos keduanya. biar surat suara saya tidak dianeh-anehin orang. kalau ada yang kosong bisa aja di coblos sendiri. siapa yang tahu? orang nebak jatuhnya prasangka buruk. Udah biar jadi dosa sendiri aja.


Nah kalau suratnya dilebihkan? Ya.. mana bisa berbuat apa-apa diriku. Tentu sebagai golongan putih seakan saya tak berhak untuk berkomentar, cuma bisa nyari kejelekan doang kan? Tentu semut di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak. ini True, bedanya kalau saya nyari kejelakan keduanya. Nah yang pro Prabowo nyari kejelekan Jokowi, yang pro Jokowi nyari kejelekan Prabowo. Diurutin aja gitu.. dari cawapresnya gimana, bawa-bawa urusan keluarganya capres gimana. Udah deh, media yang diharapkan objektif pun jadi mengarah ke subyektif. Debat kusir doang sumpah kalau diterusin. Orang nggak ada yang sempurna dimata orang lain.

Kalau boleh milih siapa yang baik, saya milih Dahlan Iskan sama Ridwan Kamil. Udah mereka berdua aja. Kenapa? soalnya mereka jiwanya bebas, nggak main partai banget, alias ambigu mereka sebenarnya gimana di partai mereka. Mungkin cuma gara-gara media juga sih.
jadi gini, Dahlan Iskan aja banyak berharap masuk partai ini itu, walau akhirnya milih demokrat. Ridwan Kamil, nggak jelas banget itu independen tapi maju lewat koalisi PKS Gerinda? palingan yang terlalu pro Jokowi bilang gini, Skala mimpinnya beda bung, sama aja kayak jokowi dulu! Iya, setidaknya periode mimpinnya penuh lah bung. Tapi tentu ini Dahlan Iskan sama Ridwan Kamil palingan cuma bagus di mataku doang. yang lain juga enggak, Baik kan relatif. Tapi mimpin mereka kemarin bagus kok, kerja mereka bagus (dimataku).


Itu kemarin waktu masih capres semua, nah sekarang yang jadi presiden Jokowi.

Terlepas dari pilihanku sebagai golongan putih. Namanya demokrasi ya ada yang menang. Udah nih mencapai mufakat, di pelajaran PPKn waktu saya SD juga ada. kita harus ngikut yang menang dengan lapang dada. Mungkin karena udah lulus atau matapelajarannya diganti namanya jadi udah nggak penting itu ilmu dasar. 

Tapi jangan lah, mari belajar pro Jokowi, support beliau dalam kerja walau kadang masih suka prasangka buruk. Biar deh beliau kerja dulu. Jangan dikit-dikit protes. Siapa tahu sekarang penuh juga mimpinnya. Kalau nggak penuh, ya mungkin satu penyebabnya gara-gara barisan sakit hati yang pengen nurunin. Jangan muluk-muluk bawa-bawa nama rakyat dulu deh.

Jangan juga bilang, jelas-jelas pemimpin salah di ikutin?
Inget! Rakyat kemarin yang milih ini, udah pemilihan langsung. Artinya, yang protes soal hasil adalah golongan yang kalah suara. Kalau nggak golongan Golput ya Golongan Prabowo, Inget pelajaran SD itu tadi. Udah kalah ya udah, lapang dada kek. bisa dibilang kita jadi minoritasnya.. ehh tunggu... Atau di bengkak in ya suara nya Jokowi? ada suara hilang berjuta-juta? nebak apa prasangka buruk? punya data ya? data eksak kok, tapi karena campur tangan orang jadi nggak eksak lagi, toh kita disini cuma dapet ampas media doang. Nggak tahu sebenarnya gimana, langung percaya gitu? Kejam banget, data dari kontra Jokowi dipercaya langsung (kelihatan kan ada unsur sakit hati di sini), data di hasil pemilihan umum agak diragukan. Udah lewat proses peradilan pun masih nggak percaya sama hakim sama hasil. Jokowi terlalu hebat mengendalikan semua lini, di suap itu? nggak bakal habis prasangka buruk, udah yang di Atas nggak pernah tidur kok. Sopo nandur, Bakal ngunduh , hukum karma berlaku atas kehendak Nya. Biar deh kita ikutin beliau, percaya sama beliau. Nggak usah muluk-muluk ngingetin ini itu, udah dia inget deh yakin, wong dia janji, mendingan untuk dipikirkin, benerin pribadi dulu baru koar-koar ke sana lagi.

Jangan juga bilang, janji doang. Banyakan janji kerja nggak bener. Presiden kok pelupa, kok nggak gagah. ini itu. 
Inget! Presiden mana sih yang nggak buat janji dulu buat di gembor-gemborkan? nggak usah deh skala presiden, skala RT aja atau bupati. Pasti nawarin janji, udah belajar kebal deh. Nggak usah naif, semua sama aja kok. Yakin kalau Prabowo yang jadi presiden janji beliau bakal ditepatin? Jangan seolah olah cuma Jokowi yang parah, subsidi BBM dikurangi rewel, kayak kemarin-kemarin nggak naik aja. Ngaca deh mampu beli motor ya mampu beli bensin. Tetep kau beli kan walau naik? yang bener-bener ngerasa susah mah mending naik sepeda atau naik kendaraan umum. Jangan bilang daerah jauh nggak ada transportasi jadi pake motor. Ya berarti itu sampean mampu beli. Mepet uangnya? banyak kok yang lebih mepet, jangan mental ngerasa paling susah deh. Bantu orang tua kerja kalau perlu kalau ngerasa nggak kuat. Hidup tambah susah? dari dulu hidup emang susah, wong bayi lahir aja nangis nggak senyum. 

Jangan bilang di internet banyak kan berita kejelakan Jokowi, kok pilihannya sekarang di kritik sendiri? nyesel ya milih jokowi? Nih contoh berita kejelakannya, boneka dia, BBM naik, hutang IMF, pemimpin kafir, antek Amerika, pembela Asing, nih contoh bukti dia pemimpin kafir. Terbukti semua kan busuknya?
ngritik kok disindir nyesel milih presiden, "kae lho pilihanmu, delok dewe", duh nggak sadar ini justru bumerang kalau mau intropeksi diri. Lantas kalau pemimpin salah nggak boleh di kritik, bukan nyesel milih itu. kritik doang biar tambah baik. jangan membesar-besarkan juga dong ya. Jokowi boneka? boneka nya anak nya the One Soekarno lho padahal. Padahal katanya buah nggak jauh dari pohonnya. Terlepas dari Megawati, siapa tahu Megawati sudah berubah, kalau emang Jokowi boneka, maka Jokowi adalah boneka yang lebih pintar dari pemain bonekanya. Jadi keputusan bodoh pemain boneka pasti tidak akan diambil oleh si boneka. Yakin amat? nggak yakin sih, tapi mencoba yakin. kalau kita aja nggak mau yakin, siapa yang mau yakin coba? ini beda kontek kayak yang diatas waktu mereka jadi capres, sekarang udah jadi presiden bukan capres lagi, ya kudu yakin.

Sebelumnya lanjut, gini deh coba deh cek fb twitter dari tokoh kedua calon, cek berita dari kedua calon di internet. Jokowi kalah dalam jumlah fans, berita kejelekan jokowi lebih banyak di banding Prabowo. 
Coba deh cek ke tetangga yang lumayan sepuh, tanyain wawancara langsung. Yang nggak muluk-muluk make internet. Karena saya orang desa, saya sering berdialog dengan orang-orang desa yang nggak make internet, petani, nelayan, tukang becak, tukang tambal ban, tetangga samping rumah, orang-orang dalam bis kota, penjual mie ayam kecil-kecilan dll. Tanggapan mereka dengan Jokowi baik-baik aja, Sering malah banyak yang pro. Kesederhanaan dan wajah Jokowi yang jadi alasan banyak dipilih kaum sepuh. Kalau saya bilang di TV Jokowi gini lho pak buk, kemarin saya dengar beritanya. Kebanyakan mereka bilang, "pun biasa, nyatanya orang-orang kayak saya juga nggak pernah demo" katanya.
Jadi kesimpulannya:
Jokowi menang di masyarakat yang jarang make internet, masyarakat yang tua cenderung jadi pondasi beliau yang terlihat sederhana yang seolah merakyat. Masyarakat yang cenderung pasif dan hanya ingin hidup sederhana yang penting anak istri cucu makan kumpul.
Prabowo menang di netizen, anak-anak muda pasti sering milih Prabowo dan ini adalah pondasi beliau yang terlihat gagah dan visioner. Masyarakat yang cenderung aktif dan hanya ingin hidup untuk jadi lebih maju untuk indonesia yang lebih baik.

Strategi politik ini. Nah, udah nggak usah bawa-bawa Prabowo lagi. Pure yang jelekin jokowi murni nggak puas kerja Jokowi bukan kaum golput atau bahkan barisan sakit hati Prabowo nggak jadi presiden kok. 

Tapi mbok ya udah ya, jangan lagi searching kejelakan orang lain. baru berapa bulan sih? sabar lah, paling enggak 1-2 tahun. Bikin kebaikan nggak ada yang instan, beda kalau bikin kejelekan instan banyak. Makanya kejelakan muncul cepet kalau kebaikan muncul lama. Kalaupun nggak searching tapi dapet link kejelekan dan lain sebagainya, udah nggak usah di buka daripada sakit hati nggak bisa milah berita. Apatis sama keadaan negara? duh jangan naif, sampean ikut organisasi apa di sekolah, di kampus, di masyarakat, di tempat kerja sampai bilang ngatain apatis. Kalau nggak ikut jangan sok ikut aktif urusin negara, ngurusin sekitar aja males kan? kalau kalian udah ikut organisasi terus merasa berhak untuk menjelekkan juga? gimana masalah organisasi kalian? organisasinya solid banget? tiap rapat gimana, ada gawe gimana. Sama juga kan? ada masalah? Hasil kerja organisasimu selalu dapat apresiasi bagus di sekitarmu?
Kalau semua pemikirannya kayak (penulis) rusak nggak ada yang peduli sama negara lah! mbok mikir. Jokowi bakal enak-enakan di sana! (penulis) ikut organisasi apa emang?

saya nggak ikut organisasi apa-apa sekarang, kepedulian saya saat lihat berita jelek adalah mencari berita baiknya, mencari orang yang punya sudut pandang berbeda dengan masalah tersebut. kayak BBM naik ada yang lihat ini buat infrastruktur yang aka berguna 10 tahun kedepan. Tugas saya sekarang ya kuliah aja, saya urusin hukum Ohm yang saya sendiri belum kuasai, Sebelum saya koar-koar hukum pidana perdata dalam pemerintahan. Yang merasa pengen benerin negara ya mari belajar yang bener dulu, besok deh masuk partai yang menurut kalian cocok dengan kalian. Tunjukan kalian nggak korupsi, kalian mampu. Jangan dibalik-balik sekarang ikut ngurusin tapi kuliahnya di kesampingkan, tugas kerja dan lingkungan masyarakatn di kesampingkan. Saya masih percaya dengan beliau, sampai 1 periode kedepan, 53% rakyat indonesia percaya, maka 47% harus mau berlapang dada apapun itu dan menerima 53% untuk percaya dan mencoba percaya dengan Jokowi. walau Jokowi bukan pilihan saya juga.

****

Kalau mau hidup bahagia jangan masuk politik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu pemerintahan bukan dalam hal politik. Bantu dalam ekonomi sebagai wirausaha, bantu dalam pendidikan sebagai guru, bantu dalam sosial sebagai donatur dll.


****

kecenderungan orang akan menuntun untuk membuat argumentasi sebagai pembelaan diri atas apa yang telah dilakukannya. Dan argumentasi yang dibuat itu adalah kebenaran menurut dirinya, atas dasar pembelaan diri tersebut. Yang berbeda arah berpikir akan terus mencari kelemahan argumentasi lawannya untuk kembali di jatuhkan, hanya sekedar mencari kebenaran diri sendiri itu tadi. Lantas kebenaran hanyalah persoalan yang tak akan bisa didapatkan. Permasalahan negara  dan pemerintahan ini bukan ilmu eksak, dan aku tahu ini tak akan pernah berhenti. Biarkan negaraku terus menjadi lebih baik, walau setidaknya hanya dimata beberapa orang. Aku masih tetap mencintai negara ini, tanahnya, orangnya dan langitnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger